Senin, 01 Maret 2010

resume 5

A. Pendahuluan

Komunikasi tertulis adalah bagian dari komunikasi yang ditujukan kepada mereka yang membaca. Bentuk komunikasi tertulis yang paling umum adalaah

  • Laporan berkala dan surat edaran. Laporan berkala adalah laporan yang dikirim secara pribadi kepada orang banyak. Agar menjadikan laporan efektif, laporan tersebut harus tepat, lengkap, akurat dan mudah dibaca. Penulisan laporan berkala hendaknya berusaha untuk menyusun setiap subjek dengan ringkas, cepat, dan menggunakan kalimat pendek. Apa yang tercakup dalam laporan berkala haris mengikuti perkembangan,bersifat lokal dan khusus. Surat edaran berbeda dengan laporan berkala karena memfokuskan pada peristiwa, kejadian, atau keadaan lingkungan dan digunakan untuk memperkuat atau memberikan dorongan terhadap pelaksanaan pertemuan, demonstrasi, atau kegiatan lainnya.
  • Berita. Berita merujuk pada artikel yang dicetak dalam surat kabar lokal. Berita hendaknya memuat hal yang terjadi di dalam lingkungan pembaca dan juga memuat sesuatu yang baru terjadi. Ada 6 kunci dimana editor sering menggunakannya untuk menentukan apa yang akan dicetak. (1) Ketepatan waktu, (2) kedekatan, makin dekat informasi dengan pembacanya, makin dekat nilai beritanya, (3) Akibat/ pengaruh, (4) Menonjol, (5) Pusat perhatian orang, (6) kebijakan surat kabar.
  • Buletin, folder, leaflet atau pamflet. Buletin, folder, leaflet atau pamphlet adalah informasi tertulis mengenai subjek khusus yang panjangnya bervariasi. Informasi yang terkandung hendaknya jelas dan lengkap, singkat tetapi tidak dibuat-buat. Folder, leaflet atau pamflet dapat digunakan sendiri-sendiri maupun dikombinasikan dengan metode visual yang lain. Disamping lebih murah dan waktu persiapannya yang pendek, folder, leaflet atau pamflet mempunyai keuntungan yaitu cepat sampai di tangan sasaran. Karena ukurannya kecil, maka pengarang harus menghilangkan hal-hal yang kurang penting dari pesan ditulisnya.
  • Poster. Poster adalah lembar kertas atau karton dengan ilustrasi dan biasanya menggunakan sedikit kata. Poster digunakan untuk menekankan pada ide atau fakta dan menstimulasi orang untuk mendukung ide, memperoleh lebih banyak informasi atau melakukan berbagai macam aksi. Beberapa saran agar desain poster lebih menarik dan efektif: (1) tentukan siapa sasarannya, (2) tempatkan kata-kata atau sket gambar yang mengekspresikan pesan, (3) usahakan menulis pesan dalam slogan, (4) gambarkan secara kasar dengan ukuran kecil, (5) gunakan huruf balok dan warna untuk menarik perhatian dengan memberikan kontras warna.

B. Menulis Cepat
Dalam membuat komunikasi tertulis ini yang paling penting adalah tulisan. Ada beberapa tips agar bisa menulis dengan cepat, yaitu:

  1. Tulis dengan sederhana dan jelas,
  2. Pahami pembaca,
  3. Miliki rencana,
  4. Buat draf kasar,
  5. Pilih kata-kata yang sederhana, sopan, dan bersifat pribadi,
  6. Gunakan tanda baca untuk memperjelas kata,
  7. Jangan terlalu sering menggunakan huruf besar.
  8. Jadilah Anda editor untuk diri Anda sendiri.
  9. Meminta persetujuan kepada pihak yang berwenang,
  10. Menyelesaikan dengan tepat waktu

Tidak ada komentar: