Evaluasi Pendidikan Orang Dewasa
A.Pendahuluan
Evaluasi pendidikan orang dewasa adalah proses menentukan kekuatan atau nilai pekerjaan pendidik atau pembimbing pendidikan orang dewasa. Evaluasi adalah suatu cara mengukur hasil kegiatan pendidikan.
B. Pengertian dan jenis evaluasi
Berdasarkan tingkat formalitas dan ketepatannya yaitu: (1) evaluasi informal→penilaian tentang masalah yang sederhana tanpa menggunakan banyak pertimbangan prinsip-prinsip evaluasi, (2) evaluasi seni formal, dan (3) evaluasi formal atau penelitian ilmiah→ menggunakan prosedur ilmiah.
Berdasarkan tujuannya: (1) evaluasi formatif berusaha mengidentifikasikan dan memperbaiki kekurangan selama masa pengembangan program, (2) evaluasi sumatif menilai manfaat program versi terakhir.
C.Manfaat evaluasi
· Menentukan patokan awal
· Menentukan keberhasilan suatu kegiatan
· Mencek secara periodik efektivitas suatu program
· Memberikan rasa aman kepada pelaksana tugas
· Memberi bukti konkrit kepada pihak terkait
· Meningkatkan sikap professional
D.Tujuan evaluasi
1. Menentukan seberapa dekat peserta didik kepada tujuan umum
2. Mengukur tingkat perkembangan yang dicapai peserta didik
3. Menentukan efektifitas bahan, metode, dan kegiatan pengajaran
4. Memberikan informasi yang bermanfaat
E. Prinsip evaluasi
1. Mempunyai tujuan yang pasti
2. Menggunakan tujuan perilaku yang terjangkau dan pasti
3. Bukti tentang perubahan dalam diri individu
4. Menggunakan instrument yang tepat dalam evaluasi
5. Kerjasama antara peneliti dengan orang yang dinilai kemajuannya
6. Tidak perlu mengevaluasi semua hasil pembelajaran
7. Evaluasi harus berkesinambungan
F. Prosedur evaluasi
1. Penentuan tujuan atau kebutuhan evaluasi
2. Penentuan criteria atau standar evaluasi
3. Penyusun instrument atau kuesioner evaluasi
4. Melakukan pengumpulan data atau informasi
5. Melakukan analisis data atau informasi
6. Membuat kesimpulan
Daftar Pustaka
Suprijanto, H. (2007). Pendidikan orang dewasa; dari teori hingga aplikasi. Jakarta : Bumi Aksara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar